Saturday, October 20, 2012

Silabus "Pengantar Entrepreneur Ritel"


SILABUS PEMBELAJARAN
Pengantar Entrepreneur Ritel (PER)

Pendaftaran online: klik di sini

Deskripsi Singkat
Materi pembelajaran ini berisi mengenai pengantar ke entrepreneur ritel. Ditujukan baik kepada para praktisi yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya di bidang ritel, maupun bagi yang belum berpengalaman namun memiliki ketertarikan dengan bisnis ritel. Kami menyajikan pembelajaran ini baik tidak hanya secara teori namun juga aplikasi untuk mengakomodasi yang berminat belajar secara non formal dan informal. Fokus dari pembelajaran ini lebih pada bagaimana mengantisipasi masalah-masalah yang dihadapi di bisnis ritel dan mengatasinya berdasarkan teori, best practise maupun pandangan entrepreneurial para pakar di bidang bisnis ritel.

Mengapa perlu mempelajari entrepreneur ritel? Bisnis ritel terus berubah seiring dengan makin banyaknya penduduk, perkembangan dunia usaha, teknologi dan tentunya kebutuhan konsumen. Ritel adalah keseluruhan aktivitas bisnis yang terkait dengan penjualan dan pemberian layanan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.  Pengelolaan bisnis retail  membutuhkan kesiapan pengelola dalam semua aspek manajemen. Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel akan membuat peritel mengalami kendala dalam memacu usahanya terutama menghadapi permintaan pasar serta persaingan.  Masalah ini akan dihadapi bagi mereka yang membuka usaha ritel tanpa konsep yang jelas atau tanpa manajemen strategi ritel yang baik.

Bagaimana mengikuti pembelajaran jarak jauh ini? Awal pembelajaran ini ditetapkan jadwal waktunya, sehingga Anda perlu mengikuti tanggal mulai dan akan mengetahui waktu berakhirnya. Anda akan berinteraksi dengan pelajar lain yang mengikuti pembelajaran ini. Anda akan diberi tugas-tugas, baik secara perorangan maupun kelompok selama pembelajaran berlangsung. Materi pembelajaran terdiri dari bacaan dan juga video yang tersedia secara online dan akan diinformasikan dapat diperoleh dari website. Jika ada beberapa bahan bacaan yang disarankan fasilitator namun tidak disediakan, Anda harus mengusahakannya untuk mencarinya sendiri. Untuk mendiskusikan pelajaran dan berkomunikasi, bisa digunakan forum diskusi, chat dan e-mail.

Interaksi kita akan menggunakan email atau jejaring sosial online (facebook) dan ruang kelasnya akan menggunakan Edmodo. Cara ini bisa kita optimalkan setiap sehari sekali untuk kenyamanan kita bersama. Anda diharapkan untuk setidaknya lima kali seminggu (tidak dalam hari yang sama) untuk aktif melihat email dan berpartisipasi di kelas secara efektif. Pembelajaran ini akan berlangsung selama 9 minggu lamanya. Akan ada aktivitas mingguan, dan beberapa akan dilakukan secara kelompok. Walau demikian, semua penilaian dilakukan secara individual.

Kekhasan dari pembelajaran jarak jauh yang diselengarakan oleh Universitas Ciputra adalah penerapan Experience-Based Learning sehingga peserta mengalami proses secara langsung di lapangan. Pada dasarnya kegiatan belajar dengan Pembelajaran langsung (experiental learning) tidak semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam  bentuk informasi/materi pelajaran atau sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis, tetapi belajar adalah proses yang melibatkan seluruh komponen fisik dengan psikis seseorang dalam sebuah tindakan atau prilaku yang sangat kompleks yang dialami oleh seseorang secara sendiri yang bersumber dari lingkungannya. Pembelajaran langsung (experiental learning) dimaksudkan agar siswa dalam kegiatan belajar siswa mengalami langsung peristiwa belajar tersebut.

Untuk menunjang Experience-Based Learning ini, juga dilakukan Project-Based Learning. Dengan demikian, selain melalui proses mengalami juga harus membuat kegiatan project yang nyata dan bukan sekedar simulasi tapi benar-benar membuat sebuah usaha yang entrepreneurial. Dengan demikian, keluaran dari program pembelajaran ini, walau dilakukan secara jarak jauh, tetap memiliki keunggulan tersendiri.

Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education for the Twenty first Century" yang dipimpin oleh Jacques Delors merekomendasikan pendidikan yang berkelanjutan (seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses pembelajaran yaitu:
  • Learning to know (Belajar untuk menguasai pengetahuan)
  • Learning to do (Belajar untuk menguasai keterampilan )
  • Learning to be (Belajar untuk mengembangkan diri)
  • Learning to live together (Belajar untuk hidup bermasyarakat)
Oleh karena itu, pembelajaran Pengantar Entrepreneur Ritel juga diselaraskan dengan empat pilar proses pembelajaran tersebut. Belajar untuk mengetahui (learning to know) dalam prosesnya tidak sekedar mengetahui apa yang bermakna tetapi juga sekaligus mengetahui apa yang tidak bermanfaat bagi kehidupan.  Selain itu, penting untuk membekali tidak sekedar mengetahui, tetapi lebih jauh untuk terampil berbuat atau mengerjakan sesuatu sehingga menghasilkan sesuatu yang bermakna, menjadi diri sendiri, yang merupakan proses pemahaman terhadap kebutuhan dan jati diri. Pemahaman tentang peran diri dan orang lain dalam kelompok belajar merupakan bekal dalam bersosialisasi di masyarakat (learning to live together).

Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran ini mempunya tiga tujuan:
·         Tujuan utama dari pembelajaran ini adalah memberi pemahaman yang lebih baik tentang apakah entrepreneur ritel itu dan mendorong agar lebih baik dalam mengelola ritel.
·         Tujuan kedua adalah mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengelola bisnis ritel, agar makin paham di bidang ini.
·         Tujuan ketiga adalah untuk memperoleh manfaat dengan mempelajari isu-isu dan masalah yang dihadapi industri ritel. 

Hasil Pembelajaran
Dengan mengikuti pembelajaran ini, Anda akan dapat:
  • Mendefinisikan apakah bisnis ritel dan apakah tepat untuk Anda atau tidak.
  • Meringkas pilihan-pilihan Anda dan kompetisi dalam bisnis ritel.
  • Mengembangkan sebuah rencana bisnis ritel yang entrepreneurial.
  • Merencanakan stuktur usaha, memilih lokasi, barang yang dijual, mendesain toko.
  • Merencanakan pengaturan keuangan yang aplikatif dan inventori untuk bisnis ritel.
Materi pembelajaran yang dibutuhkan
Selama mengikuti pembelajaran ini, disediakan modul atau materi yang bisa diperoleh di kelas EDMODO. Informasi mengenai modul atau materi akan diberikan saa berlangsungkan proses pembelajaran. Jika ada buku atau artikel yang disarankan untuk dibaca namun tidak disediakan, maka Anda diharapkan untuk mencari sendiri bahan-bahan tersebut. 
Buku-buku yang diwajibkan:
·         Ronald Bond. 2008. Retail in Detail. Canada: Entrepreneur Press
·         Hendri Ma'ruf. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
·         Richard Hammond. 2007. Sukses Berbisnis Ritel. Jakarta : Penerbit Erlangga.
·         Christian F. Guswai.   2007. Howto Operate Your Store Effectively. Jakarta: Elex Media.

Buku-buku dan artikel di bawah ini akan sangat menunjang Anda dalam mengikuti pembelajaran ini:
·         Michael Adiwijaya. 2010. 8 Jurus jitu mengelola bisnis ritel ala Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
·          Ivan Ariakandi. Sukses Berbisnis Ritel: Seluk-Beluk Pengelolaan Toko Laris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Persyaratan teknis yang dibutuhkan
Anda sebaiknya menggunakan laptop, tablet atau ponsel yang dapat mengakses internet, serta bisa mengolah dokumen pdf, office (seperti word, spreadsheet dan presentation) dan file multimedia (video, audio). Jika Anda membutuhkan bantuan teknis selama pembelajaran, silahkan menghubungi distance learning support.

Persyaratan pembelajaran dan penilaian
Nilai Anda akan ditentukan berdasarkan tugas-tugas yang diberikan selama pembelajaran seperti penulisan esai pendek, kontribusi dalam diskusi serta tugas akhir (final project). Ketika membuat dan menyerahkan tugas, harap mengikuti petunjuk yang diberikan oleh fasiitator Anda.

1.       Esai pendek
Anda akan diminta untuk menulis esai pendek (750-1000 kata) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh fasilitator untuk setiap tugas. Sebagai tugas akan ada tiga (3) esai yang harus dibuat. Esai harus dikirimkan ke fasilitator sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan melalui email. Esai ini mempunyai bobot 40% dari total penilaian, esai pertama berbobot 10% dan dua esai yang lain masing-masing 15%.

2.       Tugas tinjauan pustaka
Untuk tugas ini, Anda akan diminta mencari dan membaca bahan bacaan dan membuat tinjauan (review) mengenai topik yang sedang dibahas serta sesuai dengan kelas. Tugas harus dikirimkan ke fasilitator sesuai jadwal yang ditentukan melalui email. Tugas tinjaian pustaka ini memiliki bobot 15% dari total penilaian.

3.       Tugas lapangan        
Salah satu tugas yang harus dikerjakan dalam pembelajaran ini mengharuskan Anda untuk melakukan peninjauan ke lapangan dan melakukan observasi langsung. Bentuk tugas akan ditentukan oleh fasilitator dan bobot dari tugas ini adalah 15%. 

4.       Tugas akhir
Tugas ini disesuaikan dengan level atau tingkatan dari pembelajaran ini. Anda diharapkan membuat sebuah sebuah rencana bisnis di bidang ritel, berdasarkan pembelajaran yang telah diikuti. Anda dapat memilih salah satu dari bidang-bidang bisnis ritel yang telah ditentukan. Namun jika Anda punya ide lain yang tidak ada dalam daftar, silahkan menghubungi fasilitator untuk mendiskusikannya. Tugas akhir ini mempunyai bobot 20% dari total penilaian.

5.       Partisipasi kelas
Penilaian juga dilihat dari sejauh mana partisipasi Anda dalam forum diskusi. Anda bisa secara aktif membuat topik bahasan baru atau membahas yang sedang didiskusikan bersama. Kontribusi Anda mempunyai bobot 10% dari total penilaian. Tiap minggu ada point penilaian keaktifan dalam diskusi yang akan menentukan nilai partisipasi kelas dan penilaian akhir akan diberikan saat akhir minggu ke 14.

Jadwal pengumpulan tugas
Minggu #
Tugas #
Deskripi tugas
Bobot
Akhir minggu ke 3
1
Esai 1
10%
Akhir minggu ke4
2
Esai 2
15%
Akhir minggu ke 5
3
Tugas analisis usaha
15%
Akhir minggu ke 6
4
Tugas lapangan
15%
Akhir minggu ke 7
5
Esai 3
15%
Akhir minggu ke 8
6
Partisipasi kelas
10%
Akhir minggu ke 14
7
Ujian: Tugas akhir
20%



Agenda mingguan
Minggu
Topik bahasan
Tugas
Bobot
1
Pengantar ke Bisnis Ritel


2
Inovasi di dalam bisnis retail


3
Menentukan lokasi bisnis ritel yang sukses
Esai 1
10%
4
Cerdas Hemat (Cermat) Biaya di bisnis ritel
Esai 2
15%
5
Pengelolaan operasional dan sumber daya di bisnis ritel
Tugas analisis usaha
15%
6
Pengelolaan keuangan di dalam bisnis ritel
Laporan Tugas lapangan
15%
7
Manajemen persediaan barang bisnis ritel
Esai 3
15%
8
Strategi pemasaran untuk bisnis ritel
Penilaian Partisipasi kelas
10%
9
Memulai bisnis ritel secara entrepreneurial


10
Online Ritel


11
Project ritel


12
Project ritel


13
Project ritel


14
Ujian
Tugas Akhir
20%


Integritas akademik
Pembelajaran ini mengharuskan Anda untuk belajar secara mandiri, mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang Anda miliki, berpikir terbuka dan jernih. Semua tugas dan aktivitas yang dikerjakan harus merupakan refleksi asli dari Anda sendiri, karena tujuan dari pembelajaran ini bukan untuk mendapatkan nilai melainkan peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keahlian serta rasa sukses saat Anda berhasil menyelesaikan pembelajaran ini dengan baik. Mencontek, curang atau plagiarisme adalah dilarang dan merupakan pelanggaran serius. Fasilitator mempunyai hak untuk menggunakan metode tertetu atau software untuk membantu pendeteksian dan pencegahan plagiarisme.

Penting: Harap dicatat bahwa silabus dari pembelajaran ini bisa berubah dan Anda harus mengikuti setiap perubahan yang ada selama pembelajaran berlangsung. Fasilitator akan memberitahu Anda jika ada perubahan.

Gunakan silabus ini sebagai referensi selama ada mengikuti pembelajaran dengan baik.

Pendaftaran online: klik di sini

Center for Continuing Education Studies
Universitas Ciputra Distance Education

0 comments:

Post a Comment